Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16580
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Simalungun Tahun Pembelajaran 2020/2021
Authors: Yahya, Isman Ali
Keywords: Model Pembelajaran;Numbered Head Together;Hasil Belajar
Issue Date: 7-Oct-2021
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Negeri 1 Simalungun Tahun Pembelajaran 2020-2021 dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Negeri 1 Simalungun Tahun Pembelajaran 2020-2021. Populasi penelitian berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian diambil secara random kelas sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII-2 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa dengan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan rata-rata 90,19 termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini disebabkan sebelum siswa menjawab postest, siswa sudah mengikuti proses metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Sedangkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa dengan metode ceramah dalam kategori baik dengan rata-rata 77,26. Hal ini disebabkan siswa dalam menjawab posttest tanpa adanya latihan. Selanjutnya, dari hasil analisis data diperoleh thitung 7,633, sedangkan ttabel untuk taraf signifikan 5% (α = 0,05) dengan dk 66 sebesar 1,668. Ternyata thitung > ttabel (7,633 > 1,668) telah membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berarti ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Negeri 1 Simalungun Tahun Pembelajaran 2020-2021.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16580
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ISMAN ALI YAHYA.pdf1.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.