Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16205
Title: | Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Pengendalian Emosi Siswa Kelas XI MAS PAB 4 Klumpang Tahun Ajaran 2020/2021 |
Authors: | Iqmal, M |
Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok;Pengendalian Emosi;MAS PAB 4 Klumpang |
Issue Date: | Sep-2021 |
Abstract: | Layanan bimbingan kelompok merupakan pemberian bantuan terhadap individu melalui kegiatan kelompok (Dinamika Kelompok) yang dapat memungkinkan setiap anggota untuk ikut serta berperan aktif dan juga berbagai pengalaman serta upaya pengembangan wawasan, sikap serta keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahi Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dalam meningkatkan pengendalian emosi siswa kelas XI MAS PAB 4 Klumpang Tahun Ajaran 2020/2021. Adapun objek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MAS dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang siswa yang diambil melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknis analisi data yang dipakai adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan pengendalian emosi siswa kelas XI MAS PAB 4 Klumpang Tahun Ajaran 2020/2021. Wawancara dan observasi yang peneliti lakukan kepada siswa memperlihatkan peningkatan pengendalian emosi siswa pada saat sebelum diberikan layanan bimbingan konseling yaitu layanan bimbingan kelompok. Semua siswa yang menjadi objek penelitian mengalami peningkatan pengendalian emosi dari sebelum diberikannya layanan bimbingan kelompok. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16205 |
Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI M. IQMAL. S.pdf | 2.83 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.