Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16182
Title: Pengaruh Motivasi Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN.105385 Kotasan
Authors: Pratama, Dyah Ayu
Keywords: Motivasi Orang Tua;Kemandirian Belajar
Issue Date: 10-Sep-2021
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN.105385 Kotasan. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SDN.105385 Kotasan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN.105385 Kotasan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner tertutup yang digunakan untuk mengungkap varibel x dan variabel y. Uji instumen dilakukan pada 30 siswa kelas V SDN 105385 Kotasan. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Pearson Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Cronbach Alpha. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar rxy= 0,446 termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil perhitungan koefisien korelasi dengan rhitung = 0,446 > rtabel = 0,361, hal tersebut menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Motivasi Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Dari hasil penelitian juga diperoleh nilai thitung = 2,650 pada taraf signifikan 5% dengan dk 30-2 = 28 maka diperoleh nilai ttabel = 2,048. Dengan demikian nilai thitung = 2,650 > ttabel = 2,048 artinya Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga terbukti secara signifikan terdapat pengaruh Motivasi Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN.105385 Kotasan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16182
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DYAH AYU PRATAMA.pdf4.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.