Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15764
Title: Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Pada Ruas Jalan Tol Binjai-Langsa (STA 0+500 STA 1+000)
Authors: Putra, Pradana Bayu
Keywords: Perencanaan jalan;rigid pavement;tebal perkerasan
Issue Date: 28-Sep-2021
Publisher: UMSU
Abstract: Umumnya jenis perkerasan yang digunakan pada jalan tol di Indonesia adalah perkerasan kaku (rigid pavement), Termasuk di proyek jalan tol Binjai-Langsa zona 1 sta 0+500-sta 1+000. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui berapa tebal lapis perkerasan rigid pavement, daya dukung efektif tanah dasar, dan dimensi sambungan yang digunakan sesuai dengan jumlah kendaraan niaga yang lewat selama umur rencana. Perencanaan dilakukan dengan Manual Desain Perkerasan Jalan revisi 2017 dengan kombinasi dari Pd T-14-2003 dan diklat perkerasan kaku (PUPR) tentang konsep dasar konstruksi perkerasan kaku final (2017). Data yang digunakan untuk perhitungan menggunakan data lalu lintas harian rata-rata (LHR), nilai superelevasi, dan nilai CBR tanah dasar. Hasil dari analisa menyatakan bahwa tebal pelat beton sebesar 285 mm, beton kurus (LMC) sebesar 100 mm, lapis drainase 150 mm. Untuk daya dukung efektif tanah harus melakukan stabilisasi semen setebal 300mm, tinggi timbunan minimum 1920 mm dan 2410 mm. Terakhir untuk dimensi sambungan dowel memiliki diameter sebesar 36 mm dan panjang 450 mm, sedangkan diameter tie bars sebesar 16 mm dan panjang 700 mm.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15764
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Pradana Bayu Putra 1707210025.pdf4.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.