Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1575
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VII SMP Negeri 42 Medan
Authors: Sinaga, Cindy Novalia
Keywords: Model;Outdoor study;hasil belajar
Issue Date: 29-Oct-2018
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Outdoor Study terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan kelas VII SMP Negeri 42 Medan. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen yang dibagi kedalam 2 kelas, yaitu kelas kelas eksperimen yang menggunakan model outdoor study dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional pada pelajaran PKn kelas VII. Sampel yang digunakan untuk kelas eksperimen berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 10 orang kelas VII a, 10 orang kelas VII b, dan 10 orang kelas VII c. Sedangkan kelas kontrol berjumlah 30 siswa terdiri dari 10 orang kelas VII d, 10 orang kelas VII e, dan 10 orang kelas VII f. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan pada nilai rata-rata pre-tes pada kelas eksperimen adalah 55.16 dan pada kelas control adalah 51. Sedangkan postes pada kelas eksperimen adalah 87.16 dan pada kelas kontrol adalah 71. Kemudian perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji-t, diperoleh p-value= 0,000 < α = 0,05 maka H0 : μ1 ≤ μ2 ditolak dan H1: μ1>μ2 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode outdoor study lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode biasa (konvensional).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1575
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
07. Cindy Novalia SInaga.pdf4.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.