Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Outdoor Study terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn
dengan kelas VII SMP Negeri 42 Medan. Metode penelitian ini dilakukan dengan
metode eksperimen yang dibagi kedalam 2 kelas, yaitu kelas kelas eksperimen
yang menggunakan model outdoor study dan kelas kontrol yang menggunakan
metode konvensional pada pelajaran PKn kelas VII. Sampel yang digunakan
untuk kelas eksperimen berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 10 orang kelas VII a,
10 orang kelas VII b, dan 10 orang kelas VII c. Sedangkan kelas kontrol
berjumlah 30 siswa terdiri dari 10 orang kelas VII d, 10 orang kelas VII e, dan 10
orang kelas VII f. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar
siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada
metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan pada
nilai rata-rata pre-tes pada kelas eksperimen adalah 55.16 dan pada kelas control
adalah 51. Sedangkan postes pada kelas eksperimen adalah 87.16 dan pada kelas
kontrol adalah 71. Kemudian perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji-t,
diperoleh p-value= 0,000 < α = 0,05 maka H0 : μ1 ≤ μ2 ditolak dan H1: μ1>μ2
diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan metode outdoor study lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan metode biasa (konvensional).