Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15746
Title: PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KAPASITAS GURU TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SMK AKUNTANSI BAGIAN MEDAN UTARA
Authors: HARIANTO, ADI
Keywords: Fasilitas Belajar;Kapasitas Guru;Internal Locus Of Control;Pemahaman Akuntansi
Issue Date: 16-Sep-2021
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh fasilitas belajar terhadap pemahaman akuntansi pada SMK Akuntansi di Medan Utara, pengaruh kapasitas guru terhadap pemahaman akuntansi pada SMK Akuntansi di Medan Utara, Internal Locus of control memoderasi fasilitas belajar dan kapasitas guru terhadap pemahaman akuntansi pada SMK Akuntansi di Medan Utara. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan asosiatif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan kuesioner. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMK Akuntansi yang ada di Medan Bagian Utara yang berjumlah 175 siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Statistik yang digunakan adalah Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM-PLS). Software untuk mengolah data penelitian ini menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Semakin baik fasilitas belajar akuntansi yang tersedia maka semakin meningkatkan Pemahaman Akuntansi siswa. Kapasitas guru berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Semakin tinggi tingkat kapasitas guru maka semakin tinggi tingkat kemampuan akuntansi. Internal Locus Of Control tidak memoderasi pengaruh fasilitas belajar dan kapasitas guru terhadap pemahaman akuntansi
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15746
Appears in Collections:Masters in Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis Adi Harianto FULL (1).pdf4.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.