Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15679
Title: Sistem Pembelajaran Tahfidz Al Metode Muqaththa’ah Di Smp Islam Terpadu Ibnu Halim Medan
Authors: Gunawan, Fahmi
Junaidi
Keywords: Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an;Metode Muqaththa’ah
Issue Date: 2-Sep-2021
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran Thafidz AlQur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan. Kajian ini dilatar belakangi terkait kualitas proses pembelajaran Tahfidz AlQur’an dengan metode Muqaththa’ah. Dalam penerapan sistem pembelajaran yang tepat akan menghasilkan sebuah kinerja yang baik atau meningkatkan mutu pembelajaran dari seorang pendidik terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan. Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana sistem pelaksanaan pembelajaran Tahfidz AlQur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan? (2) Bagaimana sistem evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan? Permasalahan tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang sistem pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, yakni kebijakan, pelakasanaan, dan evaluasi pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan menyimpulkan bahwa penerapan dalam sistem pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan pada siswa kelas VIII SMP mampu menghafal Al-Qur’an 1 juz yaitu juz 30 atau Juz ‘Amma serta mampu memenuhi evaluasi pembelajaran yang sudah disediakan, kegiatan evaluasi ada 4 yaitu evaluasi harian, mingguan, tes tengah semester, dan tes akhir semester. Pelaksanaan evaluasi dilaksanakan dengan tes lisan melalui setor hafalan di ii sekolah ini lebih menekankan kepada kelancaran hafalan dan hukum tajwid sebagai komponen utama dalam mengevaluasi kualitas hafalan Al-Qur’an siswa dan rogram pembelajaran Tahfidz Al-Quran ini juga sebagai persyaratan kelulusan siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan metode muqaththa’ah di SMP IT Ibnu Halim sudah dinyatakan tuntas karena memenuhi KKM dengan nilai di atas rata-rata 88
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15679
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FAHMI GUNAWAN (1701020033).pdf6.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.