Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1553
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Menghafal Doa Sehari-Hari Melalui Metode Pembelajaran Small Project Di Ra Nurul Islam Labuhanbatu Selatan
Authors: Saadah, Miftahus
Keywords: Metode Pembelajaran Small Project;Doa Sehari-hari
Issue Date: Mar-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak menghafal doa sehari-hari melalui metode small project di RA Nurul Islam Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini dilakukan di RA Nurul Islam Labuhanbatu Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak RA Nurul Islam Labuhanbatu Selatan yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode pembelajaran small project dapat meningkatkan kemampuan anak menghafal doa sehari-hari. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan anak menghafal doa sehari-hari yaitu pada pra siklus 23,3 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,3%, siklus 2 rata-ratanya 71,6% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran small project dapat meningkatkan kemampuan anak menghafal doa sehari-haridi RA Nurul Islam Labuhanbatu Selatan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1553
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Miftahus Saadah (2).pdfFulltext1.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.