Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15506
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 7 TANJUNGBALAI
Authors: HUSNA, FARIDATUL
Keywords: Kemampuan Awal Matematika;Model Problem Based Learning;Model Contextual Teaching and Learning,;Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa.
Issue Date: Feb-2021
Abstract: Masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaranproblem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) Pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemandirian Belajar Siswa, (3) Interaksi antara kemamouan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (4) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pemblejaran terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan awal matematika siswa, (2) Tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (3) Angket Kemandirian Belajar Siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis covarians dan ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir krtitis matematis siswa, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model Contextual Teaching and Learning terhadap kemandirian belajar siswa, (3) Tidak terdapat interaksi awal kemampuan awal mateatika dengan model terhadap kemampuan berpikir krtitis matematis siswa, (4) Tidak terdapat interaksi awal kemampuan awal mateatika dengan model terhadap kemandirian belajar siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15506
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS LENGKAP.pdf4.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.