Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15229
Title: Analisis Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Swasta Gema Buwana Tahun Pelajaran 2019/2020
Authors: Prayudi, Riky
Keywords: Kompetensi guru;Hasil belajar
Issue Date: 21-Jun-2012
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kompetensi guru dalam melaksanakan tugas dan profesi sebagai tenaga pengajar pada lingkup organisasi sekolah. Melihat fakta di lapangan, beberapa profesi guru masih belum memiliki kompetensi sesuai dengan yang diharapkan. Beberapa hasil data mengenai kompetensi dan kapabilitas pengajar tergolong masih rendah. Seorang guru yang memiliki kompetensi dalam profesinya akan dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik serta efisien, efektif, tepat waktu, dan sesuai dengan sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang tingkat kompetensi guru sebagai pengajar di sekolah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui pengisian angket oleh responden siswa, sedangkan data sekunder bersumber dari data SMK Swasta Gema Buwana Sei Rotan, dokumen-dokumen, dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Kompetensi Guru di SMK Swasta Gema Buwana Sei Rotan diukur dengan melihat 4 (empat) dimensi kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dari perhitungan seluruh indikator, hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh kompetensi guru memiliki nilai rata-rata yang bias dikatakan baik. Namun disamping itu, meskipun seluruh kompetensi sudah dikatakan baik, masih ada yang perlu diperbaiki, baik dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, maupun kompetensi profesional, dalam rangka sesuai dengan apa yang diharapkan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15229
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.