Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15185
Title: Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Kelas X SMA PAB 4 Sampali Medan
Authors: Ridha, Naimatur
Keywords: Lingkungan Teman Sebaya;Gaya Belajar;Hasil Belajar
Issue Date: 29-Dec-2021
Publisher: UMSU
Abstract: Lingkungan Teman Sebaya merupakan lingkungan kedua setelah keluarga dimana seorang anak atau siswa merasa nyaman untuk bereksperimen dan menerima informasi baru dari luar lingkungan keluarga. Perkembangan sosial pada anak ditandai dengan adanya perluasan hubungan, disamping dengan para anggota, juga dengan teman sebaya sehingga ruang gerak sosialnya bertambah luas. Gaya belajar adalah cara seseorang yang paling efektif dalam memperoleh informasi dari lingkungannya, terutama saat ia harus menguasai suatu materi. Gaya belajar juga diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar adalah tahap pencapaian actual yang ditampilkan dalam bentuk perilaku yang meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik dan dapat dilihat dalam bentuk kebiasaan, sikap, penghargaan. Hasil belajar pada dasarnya terjadinya proses perubahan tingkah laku dari tidak tahu menjadi tahu, dari sikap yang kurang baik menjadi lebih baik, dari tidak terampil menjadi temapil pada peserta didik. Dari hasil penelitian ini adapun tujuan yang didapatkan dari penelitian ini adalah pengaruh lingkungan teman sebaya dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa IPS kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentyasi (daftar nilai siswa) dan angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji f, uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas data, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Dari uji yang telah dilakukan dapat diperoleh nilai lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar dapat disimpulkan tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa IPS kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2020/2021. Dan untuk gaya belajar terhadap hasil belajar dapat disimpulkan bahwa gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa IPS kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2020/2021 . Analisis regresi berganda yang didapat dari lingkungan teman sebaya dan gaya belajar terhadap hasil belajar menunjukan adanya pengaruh positif antara lingkungan teman sebaya dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Hal ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15185
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi Full.pdf3.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.