Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15127
Title: Pengaruh Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Matlab Pokok Bahasan Matriks Terhadap Hasil Belajar Siswa Tahun Pelajaran 2020/2021
Authors: Handani, Indri
Keywords: Media Matlab;Hasil Belajar
Issue Date: 8-May-2021
Publisher: UMSU
Abstract: Peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran siswa di setiap jenjang pendidikan perlu diwujudkan agar diperoleh kualitas sumberdaya manusia yang dapat menunjang pembangunan nasional dinegara Indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan hal tersebut yakni dengan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu penggunaan media Matlab dalam proses pembelajaran sangat diperlukan demi membantu siswa dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian adalah : 1) untuk mengetahui penerapan media pembelajaran matlab terhadap hasil beajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran matematika di SMA Swasta Bandung. 2) untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran matlab terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran matematika di SMA Swasta Bandung.Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrument penelitian adalah angket dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan perhitungan statistic menggunakan rumus chi kuadrat, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan media pembelajaran matlab pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Swasta Bandung adalah Sangat Tinggi sebesar 57,2%. Artinya dalam proses belajar mengajar matematika siswa sangat antusias dan dapat menerima proses pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran matlab. 2) Hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Swasta Bandung pada mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Sebelumnya, hasil pre test siswa kelas X IPS sebelum penerapan media matlab pada mata pelajaran matematika, hasil belajarnya rendah, intervalnya 50 – 56 dengan persentase 50%. Setelah penerapan media matlab berubah menjadi kategori sangat tinggi dengan interval 90 – 94 dengan persentase 57,2%. Pengaruh media pembelajaran matlab terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS dapat dilihat dari hasil perhitungan Koefisien Kontingensi (KK) = 0,5147 dan dari hasil perhitungan Chi Kuadrat pada taraf signifikan 5% di peroleh X²hitung > X²tabel yaitu 10,278 > 9,488. Hal ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan akibat penerapan media pembelajaran matlab pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15127
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI INDRI HANDANI.pdf4.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.