Abstract:
Peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran siswa di setiap jenjang
pendidikan perlu diwujudkan agar diperoleh kualitas sumberdaya manusia yang dapat
menunjang pembangunan nasional dinegara Indonesia. Salah satu upaya untuk
meningkatkan hal tersebut yakni dengan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran. Untuk itu penggunaan media Matlab dalam proses pembelajaran
sangat diperlukan demi membantu siswa dalam memahami materi. Tujuan dari
penelitian adalah : 1) untuk mengetahui penerapan media pembelajaran matlab
terhadap hasil beajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran matematika di SMA
Swasta Bandung. 2) untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran matlab
terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran matematika di SMA
Swasta Bandung.Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian
kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrument penelitian adalah angket
dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan
tes. Data dianalisis dengan perhitungan statistic menggunakan rumus chi kuadrat,
mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,
1) Penerapan media pembelajaran matlab pada mata pelajaran matematika terhadap
hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Swasta Bandung adalah Sangat Tinggi
sebesar 57,2%. Artinya dalam proses belajar mengajar matematika siswa sangat
antusias dan dapat menerima proses pembelajaran dengan menerapkan media
pembelajaran matlab. 2) Hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Swasta Bandung pada
mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Sebelumnya, hasil pre test siswa
kelas X IPS sebelum penerapan media matlab pada mata pelajaran matematika, hasil
belajarnya rendah, intervalnya 50 – 56 dengan persentase 50%. Setelah penerapan
media matlab berubah menjadi kategori sangat tinggi dengan interval 90 – 94 dengan
persentase 57,2%. Pengaruh media pembelajaran matlab terhadap hasil belajar siswa
kelas X IPS dapat dilihat dari hasil perhitungan Koefisien Kontingensi (KK) = 0,5147
dan dari hasil perhitungan Chi Kuadrat pada taraf signifikan 5% di peroleh X²hitung >
X²tabel yaitu 10,278 > 9,488. Hal ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian,
terdapat pengaruh yang signifikan akibat penerapan media pembelajaran matlab pada
mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa.