Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15102
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Melakukan Penjumlahan Menggunakan Media Kongkrit Di RA Istiqomah Kelurahan Timbang Deli Kecamatan Medan Amplas
Authors: Saputra, Edi
Keywords: Kemampuan;Penjumlahan;Media Kongkrit
Issue Date: Aug-2018
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak melakukan penjumlahan menggunakan media kongkrit di RA Istiqomah Medan Amplas yang dilaksanakan denggan mengunakan media kongkrit dan belajar dalam tiga siklus, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui media kongkrit dapat meningkatkan kemampuan anak melakukan penjumlahan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen yang telah dilakukan pada anak RA Istiqomah Medan Amplas dari pra siklus hingga siklus III. Hasil observasi yang peneliti lakukan bersama kolaborator dan teman sejawat menunjukkan peningkatan kemampuan anak melakukan penjumlahan melalui media kongkrit di RA Istiqomah Medan Amplas yang dimulai dari pra siklus adalah 20% yang menunjukkan masih sangat rendah. Selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan sehingga rata-rata hasil pada siklus I adalah 55,5%. Peningkatan yang terjadi pada siklus II dengan rata-rata 84,5%, dan peningkatan lebih baik pada siklus III dengan rata-rata perkembangan sebesar 86,7%. Berdasarkan deskripsi tersebut, maka keberhasilan penelitian ini sesuai ketentuan minimal 85% telah terjadi pada siklus III yang sekaligus menjadi isyarat penelitian ini berhasil dilakukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media kongkrit dapat meningkatkan kemampuan anak melakukan penjumlahan anak usia dini sebagaimana yang dilakukan peneliti di RA Istiqomah Medan Amplas
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15102
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI EDI SAPUTRA.pdf2.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.