Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak melakukan penjumlahan
menggunakan media kongkrit di RA Istiqomah Medan Amplas yang dilaksanakan
denggan mengunakan media kongkrit dan belajar dalam tiga siklus, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa melalui media kongkrit dapat meningkatkan kemampuan anak
melakukan penjumlahan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata dalam
bentuk persen yang telah dilakukan pada anak RA Istiqomah Medan Amplas dari pra
siklus hingga siklus III. Hasil observasi yang peneliti lakukan bersama kolaborator dan
teman sejawat menunjukkan peningkatan kemampuan anak melakukan penjumlahan
melalui media kongkrit di RA Istiqomah Medan Amplas yang dimulai dari pra siklus
adalah 20% yang menunjukkan masih sangat rendah. Selanjutnya pada siklus I terjadi
peningkatan sehingga rata-rata hasil pada siklus I adalah 55,5%. Peningkatan yang terjadi
pada siklus II dengan rata-rata 84,5%, dan peningkatan lebih baik pada siklus III dengan
rata-rata perkembangan sebesar 86,7%. Berdasarkan deskripsi tersebut, maka
keberhasilan penelitian ini sesuai ketentuan minimal 85% telah terjadi pada siklus III
yang sekaligus menjadi isyarat penelitian ini berhasil dilakukan. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa melalui media kongkrit dapat meningkatkan kemampuan anak
melakukan penjumlahan anak usia dini sebagaimana yang dilakukan peneliti di RA
Istiqomah Medan Amplas