Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14838
Title: Pengaruh Penggunaan Gadget dan Perubahan Perilaku terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMK Tritech Informatika Medan 2019/2020
Authors: Lestari, Putri
Keywords: Penggunaan Gadget;Perubahan Perilaku;Prestasi Belajar
Issue Date: 2019
Abstract: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan perubahan perilaku terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Tritech Informatika Medan 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang berjumlah 56 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas yang analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 22, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 64,396 + 0,244 X1 + 0,114 X2 + e selanjutnya variabel penggunaan gadget (X1) memiliki pengeruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung>ttabel(2,492 > 1,674) dan nilai sig (0,016< 0,05). Sementara perubahan perilaku (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung>ttabel(2,138> 1,674) dan nilai sig (0,02< 0,05). Secara bersama-sama penggunaan gadget dan perubahan perilaku memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (3,216> 3,17) dengan nilai sig ( 0,048< 0,05). Persentase sumbangan pengaruh penggunaan gadgetperubahan perilakuterhadap hasil belajar adalah 11%. Dampak penggunaan gadget yang berlebihan pada siswa disertai dengan perubahan perilaku secara efektif akan berpengaruh besar terhadap prestasi belajarnya, baik prestasi yang meningkat ataupun menurun, tergantung bagaimana siswa menyikapinya, serta diperlukan pengawasan orang tua dan juga guru dalam hal ini.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14838
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.