Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14837
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AK SMK Jambi Tahun Pembelajaran 2019/2020
Authors: Sari, Putri Belinda
Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping;Kreatif;Hasil Belajar Akuntansi
Issue Date: 2019
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AK SMK Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 pada materi Akuntansi Dasar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL-2 SMK Jambi Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Jambi Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No. 116 Medan, Bantan Kec. Medan Tembung, Kota Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X AKL-2 SMK Jambi Medan. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas X AKL-2 yang berjumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket (kuesioner) dan tes. Adapun hasil dari penelitian ini secara Linieritas yaitu Fhitung = 0,975 dan Ftabel = 3,32. Dengan demikian dapat disimpulkan Fhitung < Ftabel atau 0,975 < 3,32. Dari hasil uji f tersebut, terdapat hubungan linear secara signifikan antara variabel X dan Variabel Y. Adapun hasil dari penelitian ini secara hipotesis (uji t) yaitu thitung = 4,183 dan ttabel = 1,703. Dengan demikian dapat disimpulkan thitung > ttabel atau 4,183 > 1,703 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AK SMK Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14837
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.