Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14776
Title: Pengaruh Model Pembeiajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembeiajaran 2017/2018
Authors: Kisjayanto, Nusa
Keywords: Model Pembeiajaran Kooperatif Think Pair Share;Hasil Belajar Akuntansi
Issue Date: 2019
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pengaruh model pembelajaran Think Pair Sahre terhadap belajar akuntansi siswa pada pokok bahasan persamaan dasar akuntansi di Kelas X SMK PAB 2 Helevtia Tahun Pembelajaran 2017/2018. Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Hasil belajar akuntansi siswa masih rendah. Siswa kurang aktif ketika dalam proses kegiatan belajar-mengajar (KBM). Siswa cenderung pasif dalam menerima pelajaran, malas bertanya, tidak fokus pada mata pelajaran yang disampaikan. Guru kurang melaksanakan variasi dalam belajar pembelajaran yang tidak melibatkan siswa secara efektif. Siswa kurang antusias dan cendrung pasif. Rendahnya respon umpan balik dari siswa terhadap pertanyaan dan penjelasan guru serta pemusatan perhatian yang kurang tepat, rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran akuntansi. Lokasi yang diambil untuk penelitian adalah gedung sekolah dan ruang kelas XSMK PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018 yang beralamat di jalan Veteran PasarlV, Gang Buntu Helvetia Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Total Sampling sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang siswa.Dari hasil penelitian yang menjadi nilai rata-rata pada Kelas X Ak sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dalam proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,33 dengan standar deviasi 10,84 dan nilai yang diperoleh minimal 45 dan maksimal 80. Dari hasil penelitian didapat nilai rata-rata pos tes pada Kelas X Ak 1 setelah digunakan model pembelajaran pembelajaran Kooperatif Think Pair Share di dalam proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 86,83 dengan standar deviasi 8,70 dan nilai yang diperoleh minimal 80 dan maksimal 95. Berdasarkan perhitungan diperoleh data untuk nilai pre tes Lhitung= -0,1458 sedangkan uji liliefors taraf nyata α=0,05 dan N-2=28 diperoleh Ltabel = 0,144 dengan demikian Lhitung < Ltabel = (-0,1458 < 0,144), sehingga dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal 2014/2015”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14776
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.