Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14686
Title: Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 2 Sibolga T.P 2019/2020
Authors: 
Silitonga, Novy Martio
Keywords: Hasil Belajar;Keaktifan;Model Pembelajaran;Make A Match
Issue Date: 2019
Abstract: Permasalah dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa dan kurang aktifnya siswa pada saat proses kegiatan pembelajaran pada kelas XII IPS di SMA Negeri 2 Sibolga”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Sibolga. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sibolga T.P 2019/2020 semester ganjil. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 3 yang berjumlah 29 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Tes yang digunakan adalah Essay Test. Observasi keaktifan belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh hasil belajar pada tes awal (pretest) dengan 34,48% yang tuntas dengan nilai rata-rata 72,75. Data posttest siklus I dengan 79,31% yang tuntas dengan nilai rata-rata 77,31. Sedangkan data posttest II dengan 93,10% yang tuntas dengan nilai rata-rata 80,62. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest siklus I dan siklus II sebesar 13,79%. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktifitas siswa 10,35% (siklus I 76,84% sedangkan siklus II 87,19%). Dari hasil perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi, disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match pada materi akuntansi sebagai sistem informasi dikelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Sibolga T.P 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini berarti bahwa model pembelajaran Make A Match dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran ekonomi
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14686
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.