Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14611
Title: Pengaruh Penggunaan Metode Baghdadiyah Terhadap Kemampuan Membaca Al Quran Siswa di MTs Al Washliyah 05 Kecamatan Medan Belawan Kota Medan
Authors: Cahaya, Nur
Keywords: Metode Baghdadiyah;Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Issue Date: Oct-2020
Abstract: Metode baghdadiyah merupakan metode belajar Alquran yang telah lama berkembang di Indonesia. Metode yang dikenal dengan istilah Juz Amma ini juga digunakan secara luas, paling tidak dalam wilayah Asia Tenggara. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penggunaan Metode Baghdadiyah Terhadap Kemampuan Membaca Al Quran Siswa di MTs Al Washliyah 05 Kecamatan Medan Belawan Kota Medan? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis eksperimen, subjek penelitian yang dikenai adalah siswa MTs Alwashliyah 05 Kecamatan Medan Belawan yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian diperoleh Hasil nilai dari korelasi product moment adalah rxy = 0,602 yang berarti bahwa ada korelasi cukup tinggi dan Hipotesis Alternatif (Ha): ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Baghdadiyah terhadap kemampuan membaca Al Quran di MTs Alwashliyah diterima. Persentase kenaikan nilai adalah 77,33% sehingga dapat dikatakan dalam kategori baik. Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Baghdadiyah terhadap kemampuan membaca Al Quran di MTs Alwashliyah.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14611
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Nur Cahaya2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.