Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14497
Title: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Pengenalan Geometri Dengan Strategi Bermain Dan Permainan Dengan Tutup Odol Di RA Ruhul Jadid Kecamatan Torgamba Labuhanbatu Selatan
Keywords: Kognitif;Geometri;Tutup OdoL
Issue Date: 14-Nov-2020
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang kognitif anak yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motorik halus anak melalui strategi bermain melalui permainan tutup odol pada anak RA Ruhul Jadid Labuhanbatu Selatan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui strategi pembelajaran bermain melalui permainan tutup odol dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri pada anak RA Ruhul Jadid Labuhanbatu Selatan dengan subjek penelitian berjumlah 15 anak dengan 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa dengan strategi bermain dan permainan tutup odol kemampuan kognitif anak RA Ruhul Jadid Labuhanbatu Selatan dapat ditingkatkan. Simpulan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Ketentuan keberhasilan minimal anak adalah berkembang sesuai harapan, maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 15,1%, selanjutnya pada siklus 1 rataratanya adalah 26,7%, pada siklus 2 terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 55,1%, dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 80%. Hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat meningkatkan kognitif anak.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14497
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RISMAWATI.pdf5.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.