Abstract:
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang kognitif anak yang masih
rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motorik halus anak melalui strategi
bermain melalui permainan tutup odol pada anak RA Ruhul Jadid Labuhanbatu Selatan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui strategi pembelajaran bermain
melalui permainan tutup odol dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam
mengenal bentuk geometri pada anak RA Ruhul Jadid Labuhanbatu Selatan dengan subjek
penelitian berjumlah 15 anak dengan 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Jenis
penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dan
pembahasan menunjukkan bahwa dengan strategi bermain dan permainan tutup odol
kemampuan kognitif anak RA Ruhul Jadid Labuhanbatu Selatan dapat ditingkatkan.
Simpulan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen
dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Ketentuan keberhasilan minimal
anak adalah berkembang sesuai harapan, maka dapat dirata-ratakan peningkatan
keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 15,1%, selanjutnya pada siklus 1 rataratanya
adalah 26,7%, pada siklus 2 terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 55,1%, dan
pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 80%. Hasil penelitian tersebut, dapat
dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat meningkatkan kognitif anak.