Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14388
Title: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP
Authors: Lubis, Adila Rahmah
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik;Pendekatan Open Ended
Issue Date: 10-Nov-2020
Abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Open Ended yang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang valid. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi maka penelitian ini hanya sampai 3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahapan define maerupakan tahapan awal dari permasalahan. Tahapan design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan develop dilakukan validasi instrumen berupa angket kepada validator oleh ahli media, ahli materi dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP yang valid. Berdasarkan hasil dari angket penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik didapat nilai dari ahli media sebesar 4,0 dengan kriteria valid, ahli materi sebesar 3,5 dengan kriteria valid dan guru sebesar 3,64 dengan kriteria valid, dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran didapat sebesar 3,72 dengan kriteria valid.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14388
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Adila Rahmah.pdf5.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.