Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Open Ended yang dapat memfasilitasi
kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang valid. Penelitian ini
menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model 4-D yang
meliputi empat tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design),
pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi
maka penelitian ini hanya sampai 3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan
pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop).
Tahapan define maerupakan tahapan awal dari permasalahan. Tahapan design
dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta
Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrumen pengumpulan
data berupa lembar validasi. Tahapan develop dilakukan validasi instrumen berupa
angket kepada validator oleh ahli media, ahli materi dan guru. Hasil dari penelitian
menghasilkan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis
Pendekatan Open Ended Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis Siswa Kelas VII SMP yang valid. Berdasarkan hasil dari angket
penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik didapat nilai dari ahli media
sebesar 4,0 dengan kriteria valid, ahli materi sebesar 3,5 dengan kriteria valid dan
guru sebesar 3,64 dengan kriteria valid, dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
didapat sebesar 3,72 dengan kriteria valid.