Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14386
Title: | Pengembangan Alat Peraga Logika Matematika Miniatur Tandon Air Tingkat Tiga Melalui Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 9 Tahun Pelajaran 2019 /2020 |
Authors: | Anjilia, Putri |
Keywords: | Pengembangan Alat Peraga Miniatur Tandon Air Tingkat Tiga dan Logika Matematika |
Issue Date: | 3-Nov-2020 |
Abstract: | Rendahnya kemampuan tingkat berfikir siswa dalam mempelajari mata pelajaran matematika yang disebabkan karena mata pelajaran matematika mempunyai tingkat keabstrakan yang tinggi sehingga peneliti mendesain sebuah media yaitu Alat Peraga Logika Matematika Miniatur Tandon Air Tingkat Tiga. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan media siswa untuk mengembangkat tingkat berpikir dalam proses belajar berlangsung. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yaitu Analysis (Tahap Analisis), Design (Tahap Perancangan), Development (Tahap Pengembangan), Implementation (Tahap Implementasi), dan Evaluation (Tahap Evaluasi). Instrumen penelitian ini adalah angket uji kelayakan ahli dan instrumen evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil validasi ahli dari hasil penilaian akhir pada IPPP-1 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,73 dengan persentase 93,25% memenuhi kriteria Layak. Hasil penilaian akhir pada IPPP-2 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,83 dengan persentase 95,75% memenuhi kriteria Layak. Hasil penilaian akhir pada IPPP-3 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,85 dengan persentase 96,25% memenuhi kriteria Layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Alat Peraga Logika Matematika Miniatur Tandon Air Tingkat Tiga Layak digunakan. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14386 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_Putri Anjilia.pdf | 8.41 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.