Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14378
Title: Perbedaan Hasil Belajar PPKn Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan Metode Ekspositori Pada Materi Norma di Kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Authors: Sari, Indah Wulan
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD;Metode Ekspositori
Issue Date: 3-Nov-2020
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ppkn siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi norma di kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan, dan sampel diambil dari 2 kelas secara random sampling yaitu VII-1 (Eksperimen) menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan VII-2 (Kontrol) menerapkan metode ekspositori. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (81,17) dengan nilai tertinggi sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol (80,16). Dari uji homogenitas tidak terdapat perbedaan varians atau kedua sampel homogen dimana Fhitung ≤ Ftabel yaitu 0,0838 ≤ 0,381. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan siswa yang diajar dengan metode ekspositori, hal ini dibuktikan oleh thitung (0.40) ≥ ttabel (0.95) pada taraf signifikan α =0,05. Penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibanding dengan menggunakan metode Ekspositori.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14378
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI INDAH WULAN SARI.pdf24.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.