Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ppkn siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi norma di kelas VII
SMP Muhammadiyah 07 Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan, dan sampel diambil dari 2 kelas secara
random sampling yaitu VII-1 (Eksperimen) menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe
STAD dan VII-2 (Kontrol) menerapkan metode ekspositori. Nilai rata-rata posttest kelas
eksperimen (81,17) dengan nilai tertinggi sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol
(80,16). Dari uji homogenitas tidak terdapat perbedaan varians atau kedua sampel homogen
dimana Fhitung ≤ Ftabel yaitu 0,0838 ≤ 0,381.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki hasil belajar yang lebih
tinggi dibanding dengan siswa yang diajar dengan metode ekspositori, hal ini dibuktikan oleh
thitung (0.40) ≥ ttabel (0.95) pada taraf signifikan α =0,05. Penggunaan model pembelajaran
kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibanding dengan menggunakan metode
Ekspositori.