Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14371
Title: Efektivitas Konseling Behavioristik untuk Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa di Kelas VIII SMP Swasta Rakyat Sei Glugur Tahun Ajaran 2019/2020
Authors: Ardila, Bella
Keywords: Konseling Behavioristik;Peningkatan
Issue Date: 27-Oct-2020
Abstract: Konseling behavioristik merupakan sebuah proses membantu seseorang untuk belajar memecahkan masalah interpersonal, emosional dan keputusan tertentu. Tujuan dilakukannya konseling behavioristik untuk mencapai kehidupan tanpa mengalami perilaku simtomatik, yaitu kehidupan tanpa mengalami kesulitan atau hambatan perilaku yang dapat membuat ketidak puasan dalam jangka panjang atau mengalami konflik dengan kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektivoitasan konseling behavioristik untuk peningkatan kecerdasan spiritual sisiwa di kelas VIII SMP Sawasta Rakyat Sei Glugur Tahun Ajaran 2019/2020. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa, 3 orang siswa laki – laki dan 3 orang siswa perempuan. instrumen yang di lakukan dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri dari 20 item pertanyaan. berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dan dianalisis dengan statistik serta diuji hipotesisnya. Bahwa layanan konseling individual yang mengunakan pendekatan konseling behavioristik dengan layanan konseling individual yang tidak menggunakan pendekatan sama sama efektif untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Akan tetapi tingkat keefektivan kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan tingkat keefektivan kelompok kontrol. Maka layanan konseling yang mengunakan pendekatan konseling behavioristk yang menggunakan pendekatan lebih efektif dibandingkan layanan konseling yang tidak menggunkan pendekatan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14371
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BELLA ARDILA 1602080002.pdf3.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.