Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1437
Title: Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Ajaran 2018/2019
Authors: Nasution, Hikmah Rohimah
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok;Kontrak Perilaku;Manajemen Waktu
Issue Date: 2-Sep-2019
Abstract: Layanan bimbingan kelompok merupakan suatu cara memberikan bantuan (bimbingan) kepada individu (siswa) melalui kegiatan kelompok. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan manajemen waktu siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif dengan objek peneliti adalah kelas VIII sebanyak 8 siswa yang kurang mampu meningkatkan manajemen waktu. Proses pengambilan data dilakukan selama tiga minggu yakni pada bulan Juli-Agustus 2019, dengan teknik pengumpulan data, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan: penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan manajemen waktu yang dilakukan oleh peneliti berjalan dengan optimal dan berhasil meningkatkan manajemen waktu siswa dilihat dari hasil observasi dan wawancara. dan hal ini terbukti yang tadinya manajemen waktunya rendah dan sekarang menjadi meningkat manajemen waktunya. Maka dapat disimpulkan bahwa di sekolah tersebut sudah diterapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan manajemen waktu siswa khususnya di kelas VIII yang terdapat beberapa siswa yang mengalami masalah manajemen waktu yang rendah. dengan demikian bimbingan dan konseling sangat berperan penting.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1437
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hikmah Rohimah Nasution 22.pdfFulltext1.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.