Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1432
Title: Penerapan Layanan Penguasaan Konten Dengan Menggunakan Mind Mapping Untuk Meningkatkanbelajar Mandiri Siswa Kelas Vii A Smp Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Authors: Tanjung, Erli Muharni
Keywords: Layanan Penguasaan Konten;Mind Mapping;Belajar Mandiri
Issue Date: 19-Sep-2019
Abstract: layanan penguasaan konten merupakan suatu program layanan bimbingan dan konseling yang mendorong individu untuk memahami dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik sehingga memiliki kemampuan dan keterampilan dalam kehidupan sehari-harinya terutama dalam hal kemandirian belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan belajar mandiri siswa . penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan dengan subjek yaitu peneliti dan guru BK, dan objek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 sebanyak 10 orang siswa yang kurang kemandirian belajarnya. Proses pengambilan data selama tiga minggu juli-agustus 2019 dengan teknik pengumpulan data, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan : melalui penerapan layanan penguasaan konten dengan menggunakan mind mapping untuk meningkatkan belajar mandiri siswa yang dilakukan oleh peneliti berjalan dengan optimal dan dapat meningkatkan belajar mandiri siswa, yang sebelumya kurang mandiri dapat dilihat dari hasil observasi dan wawanacara. Dan hal itu terbukti pada perubahan siswa yang sebelumnya kurang kemandirian belajarnya menjadi lebih meningkatkan kemandirian belajarnya, karena kurangnya kemandirian belajar siswa berdampak buruk bagi siswa menjadikan siswa ketergantungan pada orang lain jika menghadapi masalah dan kurang bertangung jawab. Perubahan siswa tersebut setelah pelaksanaan layanan penguasaan dalam pencapaian sasaran yang dilakuan bersama antara siswa dan guru BK mencapai 91, 00 0/0. Dengan demikian peran guru BK di sekolah sangat penting.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1432
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ERLI MUHARNI TANJUNG 1502080060.pdfFulltext1.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.