Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14279
Title: Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Efikasi Diri Siswa Melalui Teknik Modeling Di SMK Bina Satria Medan Tahun Ajaran 2019/2020
Authors: Panjaitan, Aiza Mayawi
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok;Teknik Modeling;Efikasi Diri
Issue Date: 8-Aug-2020
Publisher: UMSU
Abstract: Bimbingan kelompok adalah proses penerima bantuan kepada individu melalui suasana kelompok yang memungkinkan setiap anggota kelompok untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya pengembangan pribadi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk peningkatan efikasi diri siswa kelas XI SMK Bina Satria Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk peningkatan efikasi diri siswa kelas XI SMK Bina Satria Medan tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Objek penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas XI TKR 2 yang memiliki ciri-ciri efikasi diri rendah. Sample yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan diterapkanya Layanan Bimbingan Kelompok Teknik modelling Siswa Kelas XI SMK Bina Satria Medan Tahun Ajaran 2019/2020 terjadi peningkatan Efikasi Diri. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa karakter mandiri siswa telah meningkat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14279
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AIZA MAYAWI PJT 1602080022.pdf2.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.