Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14241
Title: | Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Dengan Strategi Information Search untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas IX Ak SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020 |
Authors: | Mahardika, Rani |
Keywords: | Aktivitas Belajar;Belajar;Model Pembelajaran Small Group Discussion;Strategi Information Search |
Issue Date: | 13-Nov-2020 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa di kelas XI Ak SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020 dengan subjek siswa kelas XI Ak berjumlah 26 siswa dan objek penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Dengan Strategi Information Search Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Untuk melihat aktivitas belajar siswa dilakukan observasi pada saat pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan untuk mengukur hasil belajar dilakukan tes. Hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa adalah 23,17% meningkat menjadi 65,38% di siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan ada peningkatan yaitu pada siklus I 19 siswa (73,08%) yang tuntas belajar meningkat menjadi 23 siswa (88,46%) di siklus II. Indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai โฅ75. Pengujian peningkatan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan ษ = 0,05 dan dk= 261=25. Dari hasil perhitungan diperoleh ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ = 10,34 dan ๐ก๐ก๐๐๐๐ = 2,9595 sehingga ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ >๐ก๐ก๐๐๐๐ (10,34 > 2,9595) maka peningkatan hasil belajar siswa signifikan. Maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Small Group Discussion dengan strategi Information Search di kelas XI Ak SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020 dapat menimgkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14241 |
Appears in Collections: | Accounting Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
RANI MAHARDIKA.pdf | 3.57 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.