Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14241
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMahardika, Rani-
dc.date.accessioned2020-11-27T04:22:47Z-
dc.date.available2020-11-27T04:22:47Z-
dc.date.issued2020-11-13-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14241-
dc.description.abstractMasalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa di kelas XI Ak SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020 dengan subjek siswa kelas XI Ak berjumlah 26 siswa dan objek penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Dengan Strategi Information Search Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Untuk melihat aktivitas belajar siswa dilakukan observasi pada saat pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan untuk mengukur hasil belajar dilakukan tes. Hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa adalah 23,17% meningkat menjadi 65,38% di siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan ada peningkatan yaitu pada siklus I 19 siswa (73,08%) yang tuntas belajar meningkat menjadi 23 siswa (88,46%) di siklus II. Indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai โ‰ฅ75. Pengujian peningkatan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan ษ‘ = 0,05 dan dk= 261=25. Dari hasil perhitungan diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 10,34 dan ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 2,9595 sehingga ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” >๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (10,34 > 2,9595) maka peningkatan hasil belajar siswa signifikan. Maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Small Group Discussion dengan strategi Information Search di kelas XI Ak SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020 dapat menimgkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.subjectBelajaren_US
dc.subjectModel Pembelajaran Small Group Discussionen_US
dc.subjectStrategi Information Searchen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Dengan Strategi Information Search untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas IX Ak SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RANI MAHARDIKA.pdf3.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.