Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14214
Title: Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan Dan Pemberian Scaffolding Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII
Authors: Monica, Sarah
Keywords: Analisis kesalahan;Kastolan;Spldv;Scaffolding
Issue Date: 20-Oct-2020
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan tahapan kastolan, mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya, dan scaffolding yang diberikan kepada siswa yang mengalami kesalahan. Penelitian ini meliputi 20 orang siswa sebagai subjek penelitian ini. Teknik analisis hipotesis pada penelitian ini menggunakan teks tertulis, wawancara. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh kesimpulan bahwa terdapat 15% siswa yang melakukan kesalahan konseptual, 50% siswa yang melakukan kesalahan prosedural, 15% siswa yang melakukan kesalahan teknik. Adapun faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu faktor internal dan eksternal, dimana faktor eksternal minimnya waktu pengerjaan soal dan faktor internal nya yaitu siswa kurang fokus, kurang nya pengalaman siswa dalam mengerjakan soal. Dan pemberian scaffolding sesuai dengan langkah-langkah pemberian scaffolding.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14214
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SARAH MONICA.PDF1.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.