Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan persentase kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linear dua variabel
berdasarkan tahapan kastolan, mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya, dan
scaffolding yang diberikan kepada siswa yang mengalami kesalahan. Penelitian
ini meliputi 20 orang siswa sebagai subjek penelitian ini. Teknik analisis hipotesis
pada penelitian ini menggunakan teks tertulis, wawancara. Berdasarkan hasil
analisis data yang diperoleh kesimpulan bahwa terdapat 15% siswa yang
melakukan kesalahan konseptual, 50% siswa yang melakukan kesalahan
prosedural, 15% siswa yang melakukan kesalahan teknik. Adapun faktor yang
menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu faktor internal dan eksternal,
dimana faktor eksternal minimnya waktu pengerjaan soal dan faktor internal nya
yaitu siswa kurang fokus, kurang nya pengalaman siswa dalam mengerjakan soal.
Dan pemberian scaffolding sesuai dengan langkah-langkah pemberian
scaffolding.