Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1421
Title: Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Terhadap Handphone Yang Mengalami Cacat Tersembunyi Yang Diterima Konsumen (Studi Kasus PT. Datascrip Cabang Medan)
Authors: Ramadhan, Saumi
Keywords: Pertanggungjawaban,;Pelaku Usaha,;Cacat Tersembunyi,;Konsumen
Issue Date: 17-Sep-2019
Abstract: Pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap konsumen sangat penting untuk di ketahui karena saat ini banyaknya tindakan penjualan barang dengan keadaan tidak sempurna yang terjadi dan merugikan konsumen oleh pelaku usaha. Pelaku usaha selaku pemilik barang yang di jual harus bertanggung jawab atas segala sesuatu yang ditimbulkan akibat adanya suatu barang yang di jual yang entah diketahui atau tidak diketahui pelaku usaha sehingga menyebabkan kerugian terhadap konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya cacat tersembunyi pada handphone yang dijual oleh PT. Datascrip Cabang Medan dan untuk mengetahui pengaturan hukum mengenai cacat tersembunyi dalam kaitan Kitab Undang-undang Hukum Perdata dan Undangundang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen atas klaim barang dari konsumen yang telah membeli handphone yang memiliki cacat tersembunyi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum yuridis normatif dengan pendekatan yuridis empiris yang menggunakan data primer dengan melakukan wawancara dan didukung oleh data skunder yang mengolah data dari bahan hukum primer, hukum skunder, dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipahami bahwa handphone yang dijual mengalami cacat tersembunyi yang diterima konsumen terjadi karena adanya beberapa faktor antara lain faktor produksi, pengiriman, dan ketidak telitian pelaku usaha dalam memeriksa handphone. Di dalam pengaturannya kewajiban pelaku usaha telah diatur secara jelas dalam KUHPerdata dan Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 mengenai tentang perlindungan hukum kepada para konsumen dengan memberikan garansi atau ganti kerugian apabila terjadi handphone yang memiliki cacat tersembunyi yang diterima oleh konsumen akibat dari kelalaian pelaku usaha yang memberikan handphone yang memiliki cacat tersembunyi tersebut.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1421
Appears in Collections:Legal Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SAUMI RAMADHAN.pdfFulltext784.27 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.