Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14197
Title: Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2020/2021
Authors: Hasanuddin
Keywords: Model Pembelajaran Concept Attainment;Pemahaman Konsep
Issue Date: 20-Oct-2020
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attaiment. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi aktivitas belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 24 Medan T.P 2020/2021 yang terdiri dari 30 orang siswa dengan rincian 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek Penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada tahap awal mencapai 33,33 % kemudian pada siklus I menjadi 53,33 % kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83,33 %. Dan hasil observasi aktivitas siswa dapat ditunjukkan bahwa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,62 dengan kategori Baik, dan pada siklus II meningkat hingga 3,37 dengan kategori baik. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 24 Medan T.P 2020/2021
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14197
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI HASANUDDIN.pdf4.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.