Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan
model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep
matematika pada siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2020/2021. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran
Concept Attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada
siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Concept
Attaiment. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi aktivitas belajar
siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 24 Medan
T.P 2020/2021 yang terdiri dari 30 orang siswa dengan rincian 14 siswa laki-laki
dan 16 siswa perempuan. Objek Penelitian ini adalah pemahaman konsep
matematika dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment. Dari
hasil penelitian dapat dilihat peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal
pada tahap awal mencapai 33,33 % kemudian pada siklus I menjadi 53,33 %
kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83,33 %. Dan hasil observasi
aktivitas siswa dapat ditunjukkan bahwa pada siklus I mencapai nilai rata-rata
2,62 dengan kategori Baik, dan pada siklus II meningkat hingga 3,37 dengan
kategori baik. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep
matematika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 24 Medan T.P 2020/2021