Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14147
Title: Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK Swasta BM Al-Fattah Medan Tahun Pelajaran 2019/2020
Authors: Zahara, Lutfa
Keywords: Efikasi Diri;Kemandirian Belajar
Issue Date: 2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dengan Efikasi Diri terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK Swasta BM Al-Fattah Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X Akuntansi SMK Swasta BM Al-Fattah Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari satu kelas yang berjumlah 27 orang siswa. Sampel diambil secara total sampling, yaitu siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 27 orang siswa yang akan di teliti dengan Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK Swasta BM Al-Fattah Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket (kuesioner). Adapun hasil dari penelitian ini yaitu diketahui nilai t hitung sebesar 5,537 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Nilai t hitung efikasi diri adalah 5,537 dan nilai t tabel adalah 2,052 sehingga t hitung > t tabel (5,537 > 2,052), maka dapat disimpulkan bahwa efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan (0,000 > 0,05) secara parsial terhadap kemandirian belajar siswa SMK Swasta BM Al-Fattah Medan. Hal ini berarti, pada Efikasi Diri, Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat diartikan bahwa Efikasi Diri secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta BM Al-Fattah Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14147
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.