Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14070
Title: Upaya Mengoptimalkan Pembelajaran Akuntansi melalui Tugas Terstruktur dan Kuis dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.A 2018/2019
Authors: Sari, Ika Purnama
Keywords: Pembelajaran Akuntansi;Tugas Terstruktur dan Kuis;Kemandirian Siswa
Issue Date: 2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa setelah diberikan tugas terstruktur dan kuis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan strategi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen dalam penelitian ini essay tes yaitu bentuk pertanyaan berupa bukti transaksi. Instrumen penelitian yang berupa essay tes ini disusun dan dikembangkan sendiri berdasarkan uraian yang ada pada kajian teori. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh informasi bahwa pada siklus I hasil yang diperoleh adalah 27 siswa yang mencapai ktiteria tuntas dengan persentase 87% dan nilai rata-rata kelas 81,70. Berdasarkan hasil dari siklus I peneliti menyimpulkan bahwa masih terdapat kendala dalam kegiatan belajar mengajar hal ini disebabkan karena siswa belum terbiasa dengan tugas struktur dan yang digunakan peneliti. Adanya peningkatan dari siklus I yang terjadi, sehingga pada siklus II meningkat sebanyak 28 orang siswa dengan persentase ketuntasan 90% dengan rata-rata kelas 87,87%. Sehingga seperti itulah peningkatan kemandirian siswa dengan menerapkan tugas tersetruktur dan kuis.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14070
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.