Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14046
Title: | Pengembangan Media Visual Papan Permainan dalam Belajar Matematika Di SMP Negeri 12 Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021 |
Authors: | Umaya, Siti |
Keywords: | Pengembangan;Media Visual;SMP |
Issue Date: | 20-Oct-2020 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media visual papan permainan dalam belajar matematika di SMP Negeri 12 Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021 (2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media visual papan permainan dalam belajar Matematika di SMP Negeri 12 Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4D, namun peneliti membatasi hanya sampai pada tahap 3 yaitu : (1) tahap pendefenisian ( define ), (2) tahap perancangan ( design ), (3) tahap pengembangan ( development ). Instrumen yang digunakan untuk menilai kevalidan media visual papan permainan dalam penelitian ini adalah angket penilaian yang dinilai oleh ahli materi dan ahli media yaitu 2 orang guru Matematika SMP Negeri 12 Binjai dan 1 orang dosen Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah Kisaran. Hasil penilaian penilaian rata rata RPP 4,57 dengan persentase dan rata rata RPP 4,5 dengan persentase , perolehan validasi media visual papan permainan yang dinilai ahli materi yaitu 2 guru Matematika memberikan penilaian rata-rata 4,65 dengan persentase dan 4,5 dengan persentase yaitu dalam kategori “ sangat valid”. Hasil validasi oleh ahli media yaitu 1 orang dosen memberikan penilaian dengan hasi rata – rata 4,4 dengan persentase yaitu dalam kategori “ sangat valid” maka Pengembangan Media Visual Papan Permainan dalam Belajar Matematika di SMP Negeri 12 Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021 dinyatakan layak untuk digunakan. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14046 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SITI UMAYA.pdf | 5.29 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.