Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan
media visual papan permainan dalam belajar matematika di SMP Negeri 12 Binjai
Tahun Pelajaran 2020/2021 (2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media
visual papan permainan dalam belajar Matematika di SMP Negeri 12 Binjai Tahun
Pelajaran 2020/2021. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4D,
namun peneliti membatasi hanya sampai pada tahap 3 yaitu : (1) tahap pendefenisian
( define ), (2) tahap perancangan ( design ), (3) tahap pengembangan ( development ).
Instrumen yang digunakan untuk menilai kevalidan media visual papan permainan
dalam penelitian ini adalah angket penilaian yang dinilai oleh ahli materi dan ahli
media yaitu 2 orang guru Matematika SMP Negeri 12 Binjai dan 1 orang dosen
Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah Kisaran. Hasil penilaian penilaian rata
rata RPP 4,57 dengan persentase dan rata rata RPP 4,5 dengan persentase ,
perolehan validasi media visual papan permainan yang dinilai ahli materi yaitu 2
guru Matematika memberikan penilaian rata-rata 4,65 dengan persentase dan
4,5 dengan persentase yaitu dalam kategori “ sangat valid”. Hasil validasi oleh
ahli media yaitu 1 orang dosen memberikan penilaian dengan hasi rata – rata 4,4
dengan persentase yaitu dalam kategori “ sangat valid” maka Pengembangan
Media Visual Papan Permainan dalam Belajar Matematika di SMP Negeri 12 Binjai
Tahun Pelajaran 2020/2021 dinyatakan layak untuk digunakan.