Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14031
Title: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Model-Eliciting Activies Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021
Authors: Isnaina
Keywords: Pengembangan;LKPD;Pendekatan Model-Eliciting Activies
Issue Date: 20-Oct-2020
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan LKPD berbasis pendekatan modelelicitng activies pada materi SPLDV. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4-D yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (dessiminate), namun peneliti membatasi hanya sampai 3 tahap yaitu sampai tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKPD yang dikembangkan pada penelitian ini adalah angket penilaian yang dinilai oleh dosen FKIP UMSU dan guru SMP Negeri 12 Binjai, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur keefektifan LKPD adalah tes akhir setelah perlakuan atau menggunakan LKPD berasis pendekatan model-eliciting activies. Perolehan hasil rata-rata validasi oleh kedua validator untuk RPP masingmasing bernilai 4,6 dengan kategori sangat baik dan persentase mencapai 92% atau sangat valid , dan perolehan hasil rata-rata validasi oleh kedua validator untuk LKPD masing-masing bernilai 4,9 dan 4,7 dengan kategori masing-masing sangat baik dan persentase mencapai 95,3% atau sangat valid. Keefektifan LKPD yang dikembangkan pada penelitian ini ditinjau dari nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Binjai, dimana rata-rata hasil tes yaitu 0,764 atau persentase pencapaian ketuntasan belajarnya mencapai 76% , hasil tes tergolong tuntas dengan peserta didik yang tuntas sebanyak 16 orang. Sedangkan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 88% atau tuntas dan karena ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal maka LKPD diakatakan efektif
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14031
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Isnaina (2).pdf8.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.