Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan LKPD berbasis pendekatan modelelicitng activies pada materi SPLDV. Model yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu model 4-D yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan
(design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (dessiminate),
namun peneliti membatasi hanya sampai 3 tahap yaitu sampai tahap
pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan
LKPD yang dikembangkan pada penelitian ini adalah angket penilaian yang
dinilai oleh dosen FKIP UMSU dan guru SMP Negeri 12 Binjai, sedangkan
instrumen yang digunakan untuk mengukur keefektifan LKPD adalah tes akhir
setelah perlakuan atau menggunakan LKPD berasis pendekatan model-eliciting
activies. Perolehan hasil rata-rata validasi oleh kedua validator untuk RPP masingmasing bernilai 4,6 dengan kategori sangat baik dan persentase mencapai 92%
atau sangat valid , dan perolehan hasil rata-rata validasi oleh kedua validator
untuk LKPD masing-masing bernilai 4,9 dan 4,7 dengan kategori masing-masing
sangat baik dan persentase mencapai 95,3% atau sangat valid. Keefektifan LKPD
yang dikembangkan pada penelitian ini ditinjau dari nilai ketuntasan hasil belajar
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Binjai, dimana rata-rata hasil tes yaitu
0,764 atau persentase pencapaian ketuntasan belajarnya mencapai 76% , hasil tes
tergolong tuntas dengan peserta didik yang tuntas sebanyak 16 orang. Sedangkan
ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 88% atau tuntas dan karena ketuntasan
belajar dan ketuntasan belajar klasikal maka LKPD diakatakan
efektif