Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13979
Title: | Penerapan Pendekatan Rasional Emotif Terapi Untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri Siswa Kelas VIII MTS Islamiyah Tahun Pembelajaran 2016/2017 |
Authors: | Tamtami, Dinda Anugrah |
Keywords: | Pendekatan Rasional Emotif Terapi;Layanan Konseling Individual;Rasa Rendah Diri |
Issue Date: | 2017 |
Abstract: | Permasalahan dalam penulisan ini adalah Apakah penggunaan layanan Rasional Emotif Terapi dengan Konseling Individual dapat mengurangi rasa rendah diri siswa kelas VIII MTs Islamiyah Medan. Metode ya dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini sebanyak 3 orang siswa kelas VIII yang mengalami rasa rendah diri, sedangkan jumlah siswa kelas VIII adalah 53 orang siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan wali kelas, guru bimbingan konseling serta siswa kelas VIII MTs Islamiyah. Jadi hasil penelitian atau penerapan pendekatan rasional emotif terapi dengan konseling individual yang diberikan pada siswa adalah siswa yang mengalami rendah diri (minder) dapat diberi konseling individual. Mengurangi rasa rendah diri siswa setelah dilaksanakan layanan konsleing individual dengan pendekatan rasional emotif terapi. Dengan demikian penggunaan pendekatan Rasional Emotif Terapi dengan layanan konsleing individual dapat mengurangi rasa rendah diri siswa kelas VIII MTs Islamiyah, hal ini dapat dilihat dengan siswa yang mengalami rasa rendah diri telah mau menerima keadaan dirinya dan mulai mau berteman dan bergabung dengan teman sekelasnya yang mengarah pada peningkatan berkurangnya rasa rendah diri yang dialami siswa. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13979 |
Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Penerapan Pendekatan Rasional Emotif Terapi Untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri Siswa Kelas VIII MTS Islamiyah Tahun Pembelajaran 2016-2017.pdf | 2.75 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.