Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13707
Title: Pola Komunikasi Interpersonal Guru Pendamping Pada Anak Penyandang Disabilitas Di Slb Abc Medan Amplas
Authors: Andriyani, Rika
Keywords: Pola Komunikas;Komunikasi Interpersonal;Guru
Issue Date: 20-Aug-2016
Abstract: Pola pada dasarnya merupakan sebuah gambaran tentang sebuah proses yang terjadi dalam sebuah kejadian sehingga memudahkan seseorang dalam menganalisa kejadian tersebut, dengan tujuan agar dapat meminimalisasikan segala bentuk kekurangan sehingga dapat diperbaiki. Sedangkan komunikasi merupakan suatu proses interaksi penyampaian pesan antar komunikator dan komunikan yang selanjutnya akan mendapat feedback langsung maupun tidak langsung dari komunikan. Bentuk khusus komunikasi interpersonal ini adalah komunikasi diadik (dyadic communication) dan komunikasi triadic (multilevel Communication). Komunikasi diadik adalah komunikasi yang melibatkan hanya dua orang, seperti suami-istri, dua sejawat,dua sahabat dekat,guru-murid, dan sebagainya. Sedangkan komunikasi triadic yaitu komunikasi antar pribadi yang pelakunya terdiri dari tiga orang, yakni seorang komunikator dan dua orang komunikan. Jika misalnya A yang menjadi komunikator, maka ia pertama-tama menyampaikan kepada komunikan B, kemudian kalau dijawab atau ditanggapi, beralih kepada komunikan C, juga secara berdialogogis. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif adalah sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara langsung dengan penelitian langsung lapangan yaitu mengumpulkan data – data dari lapangan yang meliputi kegiatan survei di lapangan, yakni melalui metode wawancara dan observasi lokasi penelitian. Sedangkan teknik analisa data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pola komunikasi yang dilakukan guru pendamping dengan muridnya adalah pola komunikasi interpersonal triadic. Dimana komunikasi interpersonal antara guru dan anak muridnya dilakukan secara langsung tatap muka berbicara satu sama lain. Dengan cara ini mereka anak tunarungu akan merasa dekat dengan gurunya sehingga mereka mereka merasa tidak ada jarak dan perbedaan antara mereka, Bahkan mereka para anak tunarungu menganggap gurunya juga sebagai temannya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13707
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi.pdf500.47 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.