Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13675
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berwudhu Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning di RA Al-Jihad Kec. Kisaran Timur Kab. Asahan
Authors: Ainun, Nur
Keywords: Kemampuan berwudhu;Model Cooperative Learning
Issue Date: 2017
Abstract: Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berwudhu anak di RA Al-Jihad Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan. Rendahnya kemampuan berwudhu anak disebabkan karena kurangnya kreatifitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berwudhu anak melalui model pembelajaran Cooperative Learning di RA Al-Jihad Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Jihad dengan obyek anak-anak RA Al-Jihad yang memiliki jumlah anak 20 orang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 7 orang dan anak perempuan 13 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan anak dalam melakukan kegiatan berwudhu. Peningkatan kemampuan berwudhu anak mengalami peningkatan secara bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 25,8 %, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir rata-rata kemampuan berwudhu anak sebesar 40,8 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 81,6 %. Pada siklus 3 diperoleh hasil rata-rata kemampuan berwudhu anak sebesar 87,5 %. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berwudhu anak dengan metode pembelajaran Cooperative Learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13675
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NUR AINUN.pdf1.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.