Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13672
Title: Upaya meningkatkan kemampuan sains dengan mengenal sifat-sifat air melalui metode eksperimen pada anak RA Firdausy Kecamatan Medan Denai
Authors: Hayati, Elfi
Keywords: Sains;Sifat Air;Metode Eksperimen
Issue Date: 29-Oct-2016
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: tahap persiapan dan perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap analisis dan refleksi tindakan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan sains anak dalam mengenal sifat-sifat air melalui metode eksperimen pada anak RA Firdausy Kecamatan Medan Denai. Observasi dan penilaian menggunakan empat indicator penilaian yaitu mengenal sifat air, mengetahui volume air, mengetahui perubahan pada air,dan mengetahui arus air mengalir. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada anak RA. Firdausy Kecamatan Medan Denai dengan 15 anak dan empat indikator observasi yaitu mengenal sifat-sifat air, mengetahui volume air, mengetahui perubahan pada air, dan mengetahui arus air mengalir, bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains anak mengenal sifat-sifat air pada anak RA. Firdausy Kecamatan Medan Denai. Hal ini ditunjukkan mulai dari pra tindakan bahwa secara keseluruhan atau rata-rata kelas. Peningkatan hasil penelitian ini dalam bentuk persen diawali dari pra siklus hasil pembelajaran mengenal sifat air sebelum menggunakan metode eksperimen adalah 23,35%. Selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan sehingga rata-rata pada siklus I dan menggunakan metode eksperimen menjadi 56,65%, dan pada siklus II terjadi peningkatan sehingga rata-rata secara keseluruhan mencapai 68,3%, pada siklus III terjadi peningkatan hasil pembelajaran dengan rata-rata secara keseluruhan mencapai 93,4%. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa metode eksperimen memiliki pengaruh yang besar terhadap pembelajaran kemampuan sains anak dalam mengenal sifat-sifat air. Hal ini peneliti lakukan melalui langkah-langkah pembelajaran yang telah disusun dalam rencana kegiatan harian. Pembelajaran diawali dengan menyiapkan media yang akan digunakan pada tiap-tiap pembelajaran atau siklus, dilanjutkan dengan mendemonstrasika eksperiemn pada anak, dan anak juga melakukannya. Kemudian anak satu persatu melakukan eksperimen terhadap sifat-sifat air.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13672
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ELFI HAYATI.pdf2.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.