Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13628
Title: Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Menggunakan Kegiatan Menari di RA Amaliyah Kabupaten Simalungun
Authors: Sulastri
Keywords: kegiatan;menari,
Issue Date: Mar-2017
Abstract: Rasa percaya diri merupakan suatu gambaran pemikiran dan perasaan keyakinan,kesanggupan maupun keberanian seseorang terhadap kemampuan diri yang dimilikinya, meliputi kemampuan intelektual, sikap, perasaan, kekuatan fisik, dan penampilan diri. Pembentukan percaya diri ini sangat bergantung pada suara hati yang dipengaruhi oleh gabungan keyakinan karakteristik fisik, psikologis, sosial,aspirasi, prestasi, dan bobot emosional yang menyertainya. Anak sering mengalami rasa malu ( tidak percaya diri) untuk menari di depan orang lain, karena anak merasa tidak yakin atas kemampuan yang dimiliki oleh anak, sehingga menyebabkan anak tidak percaya diri dan lebih memilih mundur dari kesempatan-kesempatan yang semestinya bisa anak manfaatkan untuk mengasah dan mempertunjukkan kemampuan diri terutama dalam menggerakan tubuhnya.Rasa percaya diri anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri anak adalah melalui kegiatan menari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri anak melalui kegiatan menari.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B RA Amaliyah Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data pembelajaran rasa percaya diri anak melalui kegiatan menari dikumpulkan melalui lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rasa percaya diri anak melalui kegiatan menari sebelum tindakan rata-rata sebesar 18.75%, siklus 1. Rata-rata mencapai 45,00 %, siklus 2 rata-rata mencapai 67,50 % dan siklus 3 rata-rata mencapai 82,50%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan menari dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13628
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi.pdf2.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.